Thursday, March 17, 2011

Semangkuk Sup Hangat Dapat Membantu Meredakan Gejala Flu dan Pilek

Rate postingan ini :
{[['', '']]}
{["Useless", "Boring", "Need more details", "Perfect"]}


Wah, ternyata "semangkuk sup hangat" tidak hanya nikmat di santap pada waktu sore hari atau saat cuaca dingin, tetapi juga cukup ampuh untuk meredakan gejala flu dan pilek. Apalagi saat cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, penyakit flu dan pilek mudah sekali menyerang. Nah untuk itu, semangkuk sup hangat bisa menjadi hidangan nikmat yang menyehatkan.
Seperti yang di ungkapkan oleh ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UII), Samuel Oetoro ini, "Uap sup panas bisa melegakan hidung yang tersumbat oleh lendir pernapasan saat pilek. Airnya akan diserap tubuh dan membuat lendir lebih encer sehingga mudah dikeluarkan."

Tetapi tidak disarankan untuk makan sup pedas. Menurutnya, makanan dengan rasa dan aroma yang terlalu tajam atau merangsang misalnya sambal tidak cocok untuk flu dan pilek terutama jika disertai dengan radang tenggorokan.

Makanan lain yang dianjurkan saat flu adalah berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Kandungan vitaminnya yang tinggi bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi kuman-kuman penyebab penyakit. Selain itu kandungan zink yang terdapat pada jenis makanan antara lain kacang-kacangan, kedelai, seafood, daging merah dan telur, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Bawang putih yang biasa dipakai sebagai bahan bumbu masakan sup juga baik untuk membentuk antibodi yang akan melawan kuman atau virus. Manfaat lain dari bawang putih adalah dapat meningkatkan peredaran darah sekaligus meningkatkan penyerapan nutrisi penting dan transportasi oksigen ke seluruh bagian tubuh.






No comments:

Post a Comment